Daftar Makanan Tidak Sehat Yang Menyebabkan Gangguan Pada Fungsi Otak

Ini adalah fakta bahwa segala sesuatu yang anda makan berdampak besar yang tidak hanya bagi kesehatan, tetapi juga pada fungsi kerja otak. Ada makanan tertentu yang dapat mempengaruhi memori dak kekuatan otak jika anda memakannya. Dengan itu, kita perlu menyadari makanan yang berpengaruh negatif terhadap fungsi otak dengan mengurangi atau bahkan berhenti memakannya. Cari tahu tentang zat-zat yang terkandung dalam makanan yang kita makan, yang tidak layak untuk menjadi bagian makanan sehari-hari harus dihilangkan, sehingga kita dapat mencegah penurunan fungsi otak dan memastikan kesehatan yang baik.

1. Makanan Cepat Saji ‘Fast Food’ Sebagian besar anak-anak termasuk orang tua masa ini yang sibuk mengandalkan makanan cepat saji untuk makanan rutin mereka dengan alasan yang sangat sederhana, lezat dan mudah disajikan. Bahkan, banyak yang lebih memilih makan di rumah makan cepat saji yang menyajikan makanan lezat seperti burger, kentang goreng, fried chicken untuk memuaskan rasa lapar. Namun, anda menempatkan diri ke dalam masalah kesehatan yang sangat serius, menurut sebuah studi di Inggris, sekitar 4.000 anak-anak yang secara teratur mengkonsumsi makanan cepat saji mulai umur 3 tahun mengalami penurunan tingkat IQ yang sangat drastis ketika masuk sekolah tingkat menengah. Untuk itu mari kita perkenalkan anak-anak dengan makanan sehat untuk meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan.

2. Makanan Kaya Guya Sebut saja Cokelat atau Permen anak-anak dan orang dewasa tentu menyukainya. Tapi apakah anda tahu bahwa makanan manis selain membuat berat badan anda meningkat juga tidak baik untuk fungsi otak. Para peneliti dari UCLA melakukan sebuah percobaan terhadap tikus dan menemukan fakta bahwa tikus yang disuplai makanan tinggi gula kesulitan memenukan jalan keluar dari pada sebuah labirin, sedangkan tikus normal dapat berjuang menemukan jalan keluar. Terlalu banyak bula menyebabkan aktifitas otak lemah karena insulin, sel-sel otak tidak dapat memproses emosi dan pikiran secara efisien

3. Permen Karet Sementara beberapa fakta menjamin daya menakjubkan efek mengunyah permen karet terhadap diet yang mengurangi selera terhadap makanan, dilain sisi mengunyah permen karet memiliki efek negatif terhadap fungsi otak secara berkala. Dalam sebuah studi oleh para peneliti kesehatan Inggris mengungkapkan bahwa orang-orang yang suka mengunyah permen karet menderita gangguan memori jangka pendek ketika melakukan kegiatan menghafal.

4. Mentega dan Lemak Jenuh Selain berdampak negatif untuk kesehatan, mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dapat menghambat fungsi otak anda. Hal ini didasarkan pada sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Harvard, mereka melakukan tes pada sekelompok wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dalam kurun waktu 4 tahun. Ketika wanita-wanita tersebut melakukan tes fungsi otak nilai mereka jauh lebih rendah dari pada mereka yang mengkonsumsi makanan lemak tak jenuh. Jadi untuk membantu dan meningkatkan memori dan fungsi otak cobalah hindari makanan tinggi kadar lemak jenuh.

5. Produk Makanan Olahan Jika anda penggemar makanan kemasan produk olahan yang bisa dengan mudah anda beli di toko, maka anda sudah dipastikan mengalami penurunan mental yang serius seiring bertambahnya usia. Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan tinggi perasa buatan, lemak trans dan pewarna buatan dipastikan akan mengalami penurunan fungsi otak dan ketidakmampuan untuk fokus. Para ilmuwan di University of Bristol membuktikan efek negatif makanan olahan terhadap tingkat IQ anak-anak selain dari sistem kekebalan tubuh yang menurun dan rentan terhadap infeksi. Anak-anak ini juga memiliki masalah pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Itu semua menjelaskan anda agar berhati-hati dari apa yang anda makan sebelum hal buruk terjadi. Menjaga otak anda tetap sehat menjamin kehidupan anda lebih baik bahkan ketika usia tua anda.