Valentine’s Day yang diperingati pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya, selalu dirayakan oleh masyarakat dari berbagai negara dibelahan dunia. di beberapa negara tradisi Valentine diperingati dengan cara yang unik. Setiap orang tentunya mempunyai cara tersendiri dalam memperingati hari Valentine. Negara lain di belahan dunia tentu saja juga memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari valentine tersebut. berikut ini adalah tradisi perayaan valentine di berbagai negara yang ada di dunia :

1. Amerika
di Amerika perayaan Valentine ditandai dengan saling bertukar kartu. Ada banyak jenis kartu yang diberikan saat perayaan hari kasih sayang selama bertahun-tahun. Bukan hanya kartu yang berhias indah dan berisi kata-kata asmara. akan tetapi juga berisi dengan humor-humor kejam. Tak jarang orang-orang berkreasi sendiri untuk membuat kartu valentine untuk diberikan kepada orang-orang tercinta.

2. Austria
di negara ini ada sebuah tradisi masa perkenalan yang mungkin sama artinya dengan hari valentine. pada saat acara ini muda mudi menunjukkan cinta dengan memberikan bunga untuk menandai hari valentine.

3. Inggris
di Inggris dapat kita temukan berbagai versi kisah cinta yang diungkapkan untuk menyambut hari valentine. di inggris pada saat hari valentine majalah-majalah akan menerbitkan soneta dan puisi untuk memperingatinya.

4. Denmark
di negara ini Valentine menjadi hari yang paling di tunggu oleh masyarakat Denmark yang berusia 16-30 tahun. beberapa tradisi yang popular di denmark, antara lain : – Lover Card. kartu yang berbahan transparan ini jika didekatkan dengan lampu akan muncul gambar pengirim dengan hadiah ditangannya, selain itu juga ada yang dibuat mengeluarkan musik. – Bunga Putih. di negara ini bunga putih atau snowdrop dijadikan simbol cinta, bisa ditunjukkan kepada teman, keluarga dan pasangan. -Joke Letter. Laki-laki di Denmark punya tradisi menulis puisi yang lucu (Gaekkebrev) yang akan diberikan kepada perempuan yang dia sukai. Dalam puisi tersebut, perempuan harus menebak nama pengirimnya, dan petunjuk yang diberikan hanyalah satu titik huruf pada namanya.

5. Prancis
di negara ini juga ada tradisi unik yang dilakukan di hari valentine. Para pria lajang akan masuk rumah dan saling berhadapan dan mulai saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya dan berpasangan dengan seseorang yang mereka pilih. Jika pria tersebut tidak menyukai pasangannya dia akan meninggalkan wanita ini. Selanjutnya akan ada acara api unggun dimana perempuan yang ditinggalkan akan membakar foto pria ini dan meneriakkan makiannya. Namun karena acara ini membutuhkan banyak ruang dan kadang disalahgunakan, pemerintah prancis menetapkan tidak ada lagi acara memanggil pasangan valentine.

6. Jerman
di Jerman ada tradisi bagi pria muda dan kekasihnya untuk saling menunjukkan kasih sayang dengan mengirim bunga di hari valentine. Biasanya juga disertai dengan kartu yang berisikan kata-kata indah.

7. Italia
Valentine di Italia dirayakan sebagai bagian dari Festival Musim Semi dan di gelar di tempat terbuka. Kaum muda akan berkumpul di lapangan berbunga atau ornamen taman, dimana mereka akan mendengarkan musik dan membacakan puisi. lalu mereka akan berjalan jalan dengan pasangan valentine-nya berduaan di taman. Namun sayangnya, tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi selama beberapa abad.

8. Roma
di Roma hari valentine sebut Lupercalia, di hari ini jadi saat yang sangat romantis dan menyenangkan bagi sepasang kekasih.

9. Skotlandia
di negara ini perayaan valentine dilakukan dengan sebuah festival yang akan dihadiri oleh remaja pria dan wanita yang belum menikah, dimana masing-masing akan menuliskan nama di kertas kecil, lalu menggulungnya. Kertas itu akan dikumpulkan di dua topi, satu untuk pria dan satu untuk wanita. tiap orang akan mengambil satu kemudia setelah itu nama yang ada dikertas akan menjadi pasangan valentine mereka. semua peserta diminta untuk tetap pada pasangannya meski mungkin mereka tidak merasa cocok. ada juga tradisi lain di Skotlandia, dimana mereka akan menemukan pasangan valentinenya degan pria atau wanita yang pertama kali berjalan di sampingnya di jalanan umum, atau dimanapun.

10. Jepang
Di Jepang Valentine dirayakan dengan cara yang sedikit berbeda. Dalam satu tahun, Valday dirayakan sebanyak dua kali. Tepatnya 14 Februari atau Valentine’s day, dan 14 Maret yaitu White day. pada hari valentine perempuan jepang akan member coklat hon-mei dan giri-choco (untuk teman dan keluarga). Kebanyakan mereka membuat coklat sendiri. Kemudian di White day yang merupakan hari dimana para pria jepang akan membalas coklat yang mereka terima pada hari valday sebelumnya dengan kado atau coklat serba putih. Dari coklat ini perasaan dapat terlihat. Jika para cewek memberikan kado atau coklat yang biasa pada cowok berarti ia hanya menganggapnya sebagai teman dan sebaliknya.