Bagi Anda yang sedang hamil mungkin akan muncul tanda garis vertikal di perut Anda.

Garis berwarna gelap itu disebut linea nigra. Linea Nigra biasanya muncul ketika perut sudah membuncit atau memasuki kehamilan 4 atau 5 bulan.

Namun tak semua ibu hamil memiliki garis tersebut. Ibu hamil yang kulitnya cenderung sangat putih dan pucat jarang memiliki garis ini.

Namun itu tak masalah, karena Linea Nigra hanyalah tanda perubahan hormon pada tubuh perempuan hamil.

Linea nigra muncul karena terjadi perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Peningkatan hormon estrogen dan progesteron merupakan faktor utama penyebab munculnya garis hitam ini. Hormon-hormon ini menstimulasi melanosit untuk memproduksi melanin, pigmen warna yang membuat kulit berwarna gelap.

Tidak itu saja, hormon ini juga yang bertanggung jawab terhadap perubahan warna di sekitar puting susu (areola) yang menjadi lebih gelap.

Adakah Hubungannya dengan Jenis Kelamin Bayi?

Linea Nigra seringkali dihubung-hubungkan dengan prediksi jenis kelamin bayi yang sedang dikandung.

Mitosnya, jika garis jika garis membentang dari tulang kemaluan sampai ke pusar, maka jenis kelamin bayi Anda adalah perempuan.

Sementara jika garis membentang sampai ke bagian bawah tulang rusuk, maka Anda akan mempunyai anak laki-laki. Ada juga yang mengatakan bahwa jika linea nigra muncul maka bayi Anda berjenis kelamin laki-laki.

Perlu diingat, hal itu hanyalah salahsatu mitos kehamilan.

Linea Nigra tak berhubungan dengan jenis kelamin bayi yang Anda kandung.

Anda mempunyai kesempatan yang sama untuk mempunyai bayi perempuan atau laki-laki pada setiap kehamilan.