Lagi cari ide untuk bikin cemilan untuk keluarga? Kue sus mungkin pilihan tepat. Rasanya yang lembut dan manis tentunya disukai oleh anak-anak dan keluarga loh.

Nah, kali ini Lagingetop akan berbagi resep cara membuat kue sus. Resep kali ini merupakam resep membuat kue sus coklat krim kacang. Hmmm.. Dari namanya sudah kebayang kan bentuk dan rasanya seperti apa.

Cuss langsung dicatat resepnya.

– Waktu persiapan dan memasak sekitar 45 menit

Jumlah porsi resep 10 buah

Bahan Kulit Sus

2 butir telur
100 ml liter air
50 gram tepung terigu
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh cokelat pasta
10 gram cokelat bubuk
1/4 sendok teh baking powder
50 gram mentega
20 gram kacang tanah kupas

Bahan Filling Kue Sus:

75 gram kacang tanah kupas
75 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
225 mili liter susu cair
2 1/4 sendok makan maizena
1 kuning telur
gula tepung untuk taburan
75 gram whippy bubuk
150 gram air es
Cara Membuat Kue Sus Cokelat Krim Kacang yang Nikmat, Enak dan Lezat

Cara Membuat Kulit Sus:

– Caranya silahkan rebus air dalam panci dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan kedalamnya mentega bersama dengan agram.

– Sambil diaduk secara merata hingga semua bahan tercampur merata. Lalu masak dan biarkan semua bahan ini sampai mendidih.

– Bila sudah selesai, matikkan terlebih dahulu api pada kompor.

– Masukkan kedalamnya tepung terigu bersama dengan cokelat bubuk. Aduk-aduk bahan ini sampai kalis dengan menggunakan sendok kayu.

– Selanjutnya apabila adonan sudah tidak lagi menempel kebagian pinggir panci, silahkan angkat adonan dari kompor dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian tunggu sampai semua bahan ini menjadi lebih dingin secara merata.

– Bila adonan sudah agak dingin silahkan masukkan telur kedalam adonan dengan perlahan satu per satu dan aduk dengan cepat sampai semua bahan merata.

– Masukkan baking powder dan lagi aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.

– Sementara itu silahkan panaskan oven dan siapkan loyang untuk kemudian olesi loyang dengan menggunakan margarin secara merata.

– Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, berikan spuit bagian bawahnya dan gunting agar terbentuk lubang yang agak besar.

– Cetak adonan diatas loyang dan buat bentuk yang bulat sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan.

– Panggang adonan dalam oven selama kurang lebih 20 menit dibawah suhu 200 derajat sampai matang. Setelah itu keluarkan dan sajikan dalam wadah agar kulit sus menjadi lebih dingin secara merata.

Cara Membuat Cream Filling:

– Kita buat terlebih dahulu krimnya.
Caranya kocok whippy bubuk dengan menggunakan air es sampai mengembang secara merata.

– Gunakan mixer untuk mengaduk bahan ini secara merata. Simpan dalam lemari es.

– Setelah itu, rebus susu dalam panci dan masukkan kedalamnya gula pasir bersaa dengan garam dan juga tepung mazeina sambil diaduk secara dengan cepat.

– Matikkan kompor dan masukkan kuning telur dan aduk-aduk secara merata dan cepat. Angkat sajian ini dan berikan dengan kacang tanah yang sudah dihancurkan. Aduk merata sampai tercampur. Angkat dan biarkan dingin.

– Tuangkan vla coklat dan kocokan krim sedikit demi sedikit ambil terus diaduk.

– Belah kulit sus menjadi dua bagian namun tidak putus. masukkan isian kedalam plastik segitiga dan semprotkan dibagian tengahnya.

– Jika mau, beri Topping coklat yang dilelehkan dan taburi kacang yang ditumbuk kasar.