Para ibu seringkali pusing melihat anak yang hobi jajan. Apalagi anak-anak yang gandrung dengan junk food, selain bikin kantong bolong, cemilan junk food juga tak ada manfaatnya bagi kesehatan.

Nah, ada baiknya ibu mulai memikirkan dan berkreasi membuat camilan sehat enak dan bergizi untuk keluarga, contohnya Stick Keju Tempe ini.

Selain rasanya yang enak, Stik Keju Tempe juga murah dan tentunya bergizi karena tinggi protein loh.

Bagi yang ingin mencoba, kami rangkumkan resepnya disini.

Bahan – bahan :

400 gram tempe
300 gr terigu serbaguna
200 g sagu pak Tani
10 butir bawang putih, haluskan
4 butir telur ayam, kocok lepas
250 gram keju cheddar parut
50 ml santan kental siap pakai
10 batang seledri cincang halus
1 sdt garam
1 sdt bubuk kaldu
4 sdm margarine
Minyak untuk menggoreng

Langkah – langkah :

1. Tusuk tempe dengan garpu, kemudian bakar sebentar di atas kompor hingga permukaannya agak kering dan kecoklatan. Potong-potong tempe dan haluskan.

Tips: Kalau mau lebih enak lagi silahkan dikukus dulu 15 menitan baru dibakar bentar asal permukaan kering.

2. Siapkan mangkuk ukuran besar atau mangkuk mixer khusus pengaduk adonan, masukkan tempe halus, keju parut, tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu bubuk, seledri, dan bawang putih, aduk hingga rata, bisa juga diuleni dengan menggunakan spatula. Kemudian masukkan telur kocok dan santan, aduk dan uleni adonan hingga kalis.

3. Tambahkan margarine, uleni kembali adonan hingga margarine tercampur baik, adonan menjadi lemas dan tidak lengket.

4. Tempatkan adonan di plastik atau wadah tertutup. Simpan dulu di kulkas selama 30 menit agar mudah digiling/gilas nantinya.

5. Gilas dan potong adonan, anda bisa menggunakan mesin pasta, caranya bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian masukkan adonan ke alat penggiling pasta, tipiskan dengan ketebalan sesuai selera. Kemudian masukkan ke pemotong pasta hingga adonan terpotong.

6. Agar mudah menggilingnya, selalu taburi terigu setiap mau masuk mesin pasta yak.. Begitu juga kalau digiles manual, jangan lupa taburi terigu biar gak lengket. Adonan yang sudah dipotong-potong bisa ditumpuk secara berlapis yah, tiap lapisan ditaburin terigu jadi tidak lengket.

7. Goreng adonan ke minyak yang telah dipanaskan sebelumnya dan goreng menggunakan api yang sedang besarnyan hingga kecoklatan, kering dan matang. Angkat dan tiriskan.

8. Letakkan stik di piring beralas kertas tissue untuk menyerap kelebihan minyak.