Ginjal merupakan salahsatu organ vital dalam tubuh. Rusaknya ginjal bisa berakibat fatal hingga kematian. Apalagi jika penyakit ginjal belakangan diketahui karena si penderita tak menyadarinya.

Dilansir dari Reader Digest, Kamis (15/3/2018), National Kidney Foundation pun mengakui, dari sekian banyak orang dengan penyakit ginjal, hanya 10 persen yang menyadarinya.

Sebenarnya saat ginjal “menderita” tubuh mengirimkan sinyal pada tubuh. Namun tak semua orang menyadarinya.

Berikut adalah tujuh tanda munculnya penyakit ginjal yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

1. Ruam atau Gatal yang Tak Biasa

Ruam atau gatal yang tidak biasa
Ginjal memiliki fungsi membuang limbah dan menjaga sistem peredaran darah yang dilengkapi dengan keseimbangan nutrisi dan mineral.

Jika ginjal mengalami masalah, keseimbangan nutrisi dan mineral pun akan terganggu. Hal ini berpengaruh terhadap masalah pada kulit. Akibatnya, kulit pun menjadi gatal dan muncul ruam.

2. Mual atau muntah

Salah satu fungsi ginjal yakni membuang limbah dari dalam tubuh melalui pengeluaran air seni.

Ketika mengalami masalah pada ginjal, limbah pun akan menetap di dalam tubuh.

Akibatnya, kamu akan mengalami mual atau muntah.

Mual dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan. Jika ini terjadi dalam jangka waktu lama, Anda akan mengalami penurunan berat badan yang tidak normal.

3. Perubahan Urin

Selain frekuensi buang air kecil, gejala lain yang harus Anda perhatikan adalah perubahan pada urin itu sendiri.

Ketika mengalami penyakit ginjal, urin yang Anda keluarkan akan bercampur darah, berwarna berbeda dengan biasanya, dan konsistensi berbusa atau berbuih.

Namun demikian, kamu juga harus mengetahui tanda-tanda gangguan lainnya, yakni batu ginjal.

4. Rasa logam di mulut

Salah satu gejala penyakit ginjal ini disebabkan oleh penumpukan racun pada aliran darah.

Hal ini menyebabkan munculnya rasa logam pada mulut atau bau napas yang tidak sedap.

Oleh sebab itu, jika mengonsumsi makanan dan mulai terasa seperti logam, sebaiknya waspadai dan periksa kesehatan ginjalmu.

5. BAK Tak Normal

Buang air kecil yang tidak normal
Ginjal sangat erat kaitannya dengan urin. Oleh sebab itu, sering atau tidaknya Anda ke kamar mandi menjadi salah satu hal yang bisa dilihat.

Hal ini karena keduanya bisa menjadi tanda Anda mengalami penyakit ginjal.

Sebagian orang yang mengalami penyakit ginjal sering merasakan dorongan palsu untuk buang air kecil, sementara lainnya mengatakan mereka buang air kecil dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, ada juga yang mengatakan buang air kecil yang tidak normal sehingga mengganggu tidur mereka di malam hari.

6. Mudah lelah

Penderita penyakit ginjal umumnya juga akan mengalami anemia ringan sampai berat. Hal ini karena gangguan pada fungsi ginjal dalam memantau jumlah sel darah merah.

Akibatnya, kamu akan mengalami kelelahan. Gejala lainnya yang akan muncul yaitu sering kedinginan, pusing, dan sering kehabisan napas.

Jika mengalami tanda-tanda di atas, Anda harus segera memeriksakan ginjal Anda. Pemeriksaan dini akan berguna untuk penanganan penyakit ini.