Apakah Anda merasa kesal ketika menemukan bahwa ribuan semut sedang perpesta ketika Anda pergi meninggalkan makanan dirumah? Atau ketika tiba-tiba tubuh Anda digigit semut sambil berbaring?

Memang, semut adalah salah satu makhluk tuhan tetapi jika mereka terlalu banyak di rumah Anda, mereka dapat membuat Anda kurang nyaman. Kami ingin membagikan beberapa cara untuk menyingkirkan semut di rumah agar mereka tidak ingin kembali ke rumah Anda:

1. Timun
Ketimun memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan dan kecantikan. Namun, mentimun juga salah satu sayuran yang bisa mencegah semut. Dapat digunakan apakah irisan mentimun halus atau dicampur dan ditempatkan di sekitar sarang semut. Ini akan menyebabkan semut meninggalkan sarang karena mereka tidak suka mencium timun.

2. Garam atau lada
Taburkan garam atau lada di tempat-tempat di mana biasanya ada semut di dapur. Cara lain adalah mencampur garam atau lada ke dalam air dan semprotkan larutan tersebut ke dalam sarangnya. Aroma larutan tersebut membuat semut tidak pernah kembali ke sarang yang telah disemprot.

3. Sabun dan air
Campurkan sabun ke dalam air dan gunakan botol semprot untuk menyemprotkan area yang sering dilewati oleh semut. Metode penyemprotan ini cocok jika semut membuat sarang di celah dinding. Jika tidak mati, semut akan meninggalkan area yang disemprot karena tidak tahan terhadap bahan kimia sabun.

4. Serbuk kopi
Taburkan bubuk kopi di tempat semut berkumpul atau bersarang. Bubuk kopi juga cocok untuk digunakan pada tanaman Anda yang diserang oleh semut karena tidak membahayakan tanaman. Semut akan meninggalkan area bubuk kopi karena tidak tahan dengan aroma aromanya yang kuat.

5. Bedak atau tepung
Semut juga tidak menyukai bau harum bedak. Selain serbuk, tepung kering juga bisa menjadi pengganti. Semut tidak akan melewati area tempat bedak atau tepung karena baunya. Cara ini juga memudahkan untuk anda membersihkan kawasan yang ditabur tadi.

6. Minyak wangi
Ini mungkin cara termudah tapi mungkin kurang praktis karena menjadi mahal, dengan menyemprotkan minyak wangi,
Namun Anda perlu berhati-hati, jangan sampai terkena pada makanan.

7. Air jeruk nipis
Kata pepatah, “di mana ada gula, pasti ada semut.” Semut dikenal suka hal-hal manis. Jadi rasa asam dalam jeruk nipis ini bisa membuat semut lari. Terlepas dari manfaat tersebut, aroma jeruk nipis ini juga bisa membuat rumah Anda menjadi segar dan harum.

8. Daun sirih
Daun ini memiliki banyak manfaat, salah satunya sering digunakan oleh wanita untuk organ intim. Selain itu, daun sirih juga mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh semut. Anda perlu memeras daun untuk menghilangkan bau dan meletakkannya di sarang atau di mana semut selalu berkumpul.

9. Kapur anti semut
Kini terdapat banyak kapur anti semut yang dijual di toko dan penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencontengkan kapur pada kaki meja atau kursi yang biasanya dilewati semut. Semut yang terkena kapur ini akan mati dalam beberapa minit dan tidak akan melalui jalan yang sama lagi. Akan tetapi jangan anda keliru dalam membedakan kapur anti semut ini dengan kapur tulis ya.

10. Selalu tutup rapat makanan
Cara terakhir menjaga makanan ialah dengan menyimpannya dalam tempat yang bertutup. Jika makanan kering anda boleh menyimpannya di dalam toples. Dengan cara ini Anda akan merasa lebih aman dan makanan akan bertahan lebih lama.

Namun, yang terpenting adalah tetap menjaga kebersihan. Jangan biarkan wadah makanan Anda terbuka dan jika ada sisa makanan di lantai segeralah membersihkannya. Jika keadaan selalu bersih, semut pasti akan pergi ke tempat lain untuk menemukan makanan baginya.