Semua orang pasti pernah mendengar musik, termasuk orang-orang yang tidak menyukai musik. Pasti setidaknya mereka pernah mendengarkana musik walaupun dengan cara yang tidak sengaja atau sepintas.

Diluar anda suka atau tidak suka dengan musik, musik memiliki banyak manfaat bagi anda dan keluarga anda, terutama bagi kecerdasan anak anda. Jika anda dan keluarga bukanlah penikmat musk, maka kita tidak ada salahnya jika anda mulai mendengarkan musik dari sekarang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Para Ahli dari seluruh dunia, mereka sepakat bahwa musik bermanfaat bagi kecerdasa anak. Jika anda ingin meningkatkan kecerdasan anak anda, mendengarkan musik adalah salah satu solusi yang bisa anda lakukan. Tapi jka semua jenis musik mampu anda gunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak anda. Jenis musik seperti rock, pop, dangdut bukanlah jenis musik yang cocok untuk anda gunakan dalam hal ini. Anda bisa menggunakan jenis musik klasik mapun musik yang beralunan lembut untuk membantu memaksimalkan fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan anak anda

Beberapa manfaat musik terhadap kecerdasan anak :

1. Meningkatkan kekuatan otak anak

Manfaat musik bagi kecerdasan anak yang pertama adalah meningkatkan kekuatan otak anak. Mendengarkan musik terbukti mampu merangsang bagian otak yang berhubungan dengan membaca, matematika dan perkembangan emosional anak.

2. Meningkatkan daya ingat

Mendengarkan musik membantu anak-anak dalam meningkatkan dan belajar lebih banyak. Sedangkan partisipasi anak dalam musik sejak usian dini mampu meningkatkan kemampuan belajar anak dan meningkatkan memori atau daya ingat mereka.

3. Membantu perkembangan sosial anak

Mendengarkan musik terbukti mampu merangsang pertumbuhan otak kiri yang berhubungan dengan perkembangan bahasa. Dengan mendengarkan musik kemampuan bahasa anak akan meningkat dan berpengaruh pada perkembangan sosial anak.

4. Membangun kepercayaan diri anak

Mendengarkan musik ternyata juga mampu meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Dengan mendengarkan musik, anak akan tampil lebih percaya diri.

5. Meningkatkan kecerdasan spasial

Mendengarkan musik ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan spesial anak. Kecerdasan spesial berguna untuk pemecahan masalah seperti matematika, arsitektur, seni, teknik.

6. Meningkatkan IQ anak

Sebuah study yang dilakukan oleh E. Glenn Schellenberg di University Of Toronto yang diterbitkan dalam Psychological Science, menemukan peningkatan IQ yang terjadi pada anak usia 6 tahun yang diberikan pelajaran musik dan piana.

7. Peningkatan aktivitas otak

Musik terbukti mampu meningkatkan aktivitas otak. Berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Ellen Winner seorang profesor psikologi di Boston Collage dan profesor neurologi di Beth Israel Deaconess Medical Center dan Harvard Medical School menemukan perubahan dalam gambar otak anak yang memiliki kebiasan bermusik sejka usia 15 bulan. Dalam studinya ia menjelaskan bahwa anak yang memiliki kebiasaan bermusik telah meningkatkan kemampuan motorik halus, pencitraan otak dan Perubahan pada jaringan otak yang berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan mereka.

8. Meningkatkan hasil belajar

Sebuah study yang diterbitkan oleh Christoper Johnson, profesor pendidikan musik dan terapi musik di University of Kansas, mengungkapkan bahwa anak-anak yang belajar tentang musik sejak usia sekolah dasar menunjukkan peningkatan 22% dalam bahasa inggris dan 20% dalam matematika.