Dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga satu sama yang lainnya harus lah menjaga yang namanya sopan santun / tata krama. Pergaulan sendiri memiliki Etika yang baik, Etika Pergaulan yang dimaksud adalah sopan santun / tata karma yang sesuai denga situasi dan keadaan sehingga tidak melanggar norma-norma yang belaku baik norma agama, kesopanan, adat, hukum dan lain-lain.

Dalam pergaulan sendiri tidak mengenal umur, asal pergaulan itu termasuk  dalam hal yang positif tidak mengandung dalam hal negatif. Pergaulan seperti ini yang masih belum ditetapkan dalam semua orang baik itu orang Kanak-kanak, Remaja, Dewasa, maupun Orang tua. Pergaulan yang dimaksud positif ialah pergaulan yang didasari dengan kegiatan yang positif, mampu membangkitkan semangat dalam melakukan hal yang baik, dan bisa juga menciptakan hal yang menguntungkan baik kita.

Etika Pergaulan itu sangat penting, manusia dituntut untuk saling berhubungan, mengenal dan membantu antar sesama manusia. Sikap seperti ini adalah sifat yang diterima dan disenangi oleh siapa saja, sehingga dapat menciptakan pergaulan yang baik dan  membantu menambah persaudaraan antar manusia. Tata karma dan tingkah laku sehari-hari merupakan cerminan pribadi kita sendiri.

Dalam pergaulan kita harus bisa menempatkan diri dimana pun kita berada. Tidak mengenal umur baik kepada orang yang lebih tua maupun orang jauh lebih muda dari kita. Kita juga harus bisa menempatkan  sikap terhadap sebaya, lebih muda, maupun yang lebih tua. Misalnya, Orang yang lebih tua/yang dituakan harus selalu kita hormati. Orang yang sebaya harus dihargai. Orang yang lebih muda harus disayang harus tetap kita sayangi. Sungguh indah jika kita menerapkan Etika Pergaulan dalam kehidupan kita apalagi dalam pergaulan.

Kita juga harus menerapkan ini dimana pun dan kapan saja kita bergaulan atau berhubungan dengan orang lain. Ketika kita sedang berada di Sekolah ada saat dimana kita bisa menggunakan Etika Pergaulan ini dan melakukan interaksi/hubungan timbal balik terhadap Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Administrasi/TU, Pesuruh Sekolah, Teman dan lain sebagainya.

Dalam Pergaulan di masyarakat juga kita perlu menggunakan Etika Pergaulan dengan anggota masyarakat.  Misal di Toko, dengan pelayan Toko, di Kantor Pos dengan karyawannya, dan sebagainya. Dimanapun kita berada pasti kita akan menemukan teman baru, dalam pergaulan sendiri ada batasan-batasan yaitu terhadap wanita. Dalam Pergaulan sendiri boleh-boleh saja menjalin pertemanan terhadap lawan jenis, tapi ada batasan-batasan tertentu tidak seperti dengan sesama jenis.

Sopan Santun dalam pergaulan juga meliputi dalam berbicara, dalam berkenalan, dalam menelpon, dalam menegur/memberi hormat, dalam bertamu, dalam berpakaian, dalam surat-menyurat.  Dalam penempatan ini kita juga menerapkan sopan santun yang termasuk kedalam Etika Pergaulan. Menghormati yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, ini bentuk  yang sangat indah dalam pergaulan dan dalam komunikasi juga pastinya.