Gadget sudah merupakan bagian dari kebutuhan manusia pada era yang berkembang saat ini. Bahkan gadge sudah sebagai bagian yang tak dapat terpisahkan dari manusia. Kemana pun pergi gadget selalu dibawa dan apapun selalu bisa diakses dengan gadget. Tidak hanya kalangan orang dewasa yang memakai gadget bahkan anak-anak pada zaman ini pun  sudah mulia memakai gadget. Baik itu dalam keperluan sekolah maupun dalam keperluan dalam bermain.

Banyak Anak-anak yang saat ini memilih berdiam diri dirumah dengan gadget dibandingkan dengan kelaur rumah bermain dengan teman-teman selayaknya anak zaman ini lakukan. Sehingga banyak permainan tradisonal yang sudah hampir tidak dimaikankan lagi oleh anak-anak. Pada dasarnya gadget ini diperboleh dipakai oleh kalangan apapun, tetapi yang perlu ditekankan yaitu tidak menggunakna gadget dengan hal yang berlebihan. Orang tua zaman sekarang banyak tidak tahu kecanduan menggunakan gadget pada anak-anak, jika sudah kecanduan maka akan sulit untuk terpelas.

Tetapi, perlu orang tua ketahui bahwa dalam gadget tersebut hal-hal negative yang dapat merusak anak. Jika anak terlalu lama dibiarkan bermain gadget. Terlebih jika dia sudah kecanduan, maka akan sulit untuk diatas karena gadget sudah dianggap teman baginya. Jika anda memilki anak yang sudah kecanduan terhadap gadget, maka akan jangan diam dalam menanggapinya, melainkan carila cara atau panduan untuk menghilangkannya. Sebab itu sangat tidak baik untuk kemajuan psikologi anak.

Sedangkan kita tau anak adalah aset yang harus dijaga dan juga yang lebih penting ialah anak adalah titipan Tuhan. Berikut Pengaruh Gadget Untuk Anak Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Bahaya Radiasi

Pengaruh gadget buat anak yang pertama yaitu bahaya paparan radiasi. Menurut sebuah riset, paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anka. Radiasi gadget sangat beresiko mengakibatkan ganggung terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.

  1. Menyebabkan kecanduan

Pengaruh gadget terhadap anak yang selanjutnya yaitu menyebabkan kecanduan ketergantungan Hal ini tentunya akna berdampak negatif terhadap perkembangan fisik dan motoric anak. Ketika si kecil asik bermain gadget biasanya lupa makan sehinggan asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya tergangggu. Selain itu, kecaunduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak sehingga lebih cenderung memiliki sifat terututp dan tidak bersosialisasi.

  1. Hambatan terhadap perkembangan

Anak-anak yang memiliki ketergantungan dengan gadget cenderung akan mengalami hambatan dalam proses perkembangannya. Hal ini karena anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat proses pertumbuhan.

  1. Penyakit Mental

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan terus menerus bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis.

  1. Obesitas

Selain menghambat pertumbuhan, anak-anak yang terlalu asyik bermain gadget sangat beresiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini karena anak-anak cenderung kurang gerak sehingga terjadi penumpukan  lemak tubuh yang mempercepat kenaikan berat badan secara berlebihan.

  1. Gangguan Tidur

Sebaiknya anda tidak memberikan gadget pada anak-anak dimalam hari. Hal ini karena bisa mengakibatkan ganggung tidur sehingga terdampak terhadap tumbung kembangnya. Permainan game di dalam gadget biasanya membuat anak lebih asik sehingga waktu tidurnya teganggu. Dalam hal ini peran penting anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget.

  1. Pengaruh tayangan

Terkadang tanpa anda sadari anak-anak membuka situs online yang mempertontonkan tayangan yang tidak seharusnya untuk mereka lihat. Oleh karena itu. Anda sebagai orang tua harus bersikap bijak dan sebaiknya tidak memberikan koneksi internet pada waktu si kecil menggunakan gadget.

Sebaiknya anda melakukan aturan dalam penggunaan gadget anak anda maksimal 2 jam setiap harinya. Selain itu, berikan pengawasan pada anak sewaktu menggunakan gadget sehingga dengan begitu anak akan terkontrol dan tidak menyalahgunakan gadget.