Olahraga Panahan adalah olahraga yang menggunakan sebuah busur panah dan anak panah. Olahraga ini adalah Olahraga yang mengandalkan konsentrasi, disiplin, mental, dan yang terpenting adalah lebih bisa mengontrol emosi. Olahraga memanah ini semakin popular apalagi dikalangan remaja. Antusias anak remaja sangat melekat dalam olahraga ini, sehingga banyak komunitas-komunitas yang dibentuk bertujuan untuk mengasah diri di Olahraga ini.

Panahan merupakan salah satu cabang olaharga dan pastinya membuat berkeringat. Dengan melakukan olahrga membuat fisik semakin kuat dan bugar. Kebugaran itu penting dan berpengaruh pada kejernihan fikiran dan kecerdasan seseorang. Olahraga Panahan ini punya banyak manfaatnya. Tak sekedar fisik, tapi juga efeknya secara psikis. Olahraga panahan adalah salah satu jenis olahraga yang bertujuannya kompetitif. Olahrga panahan menguji kekuatan otot, ketepatan atau akurasi dan keseimbangan.

Karena itu, sebelum melakukan olahraga penahan biasanya perlu melatih kekuatan, ketepatan, dan keseimbangan. Panahan ini olahraga yang berat, harus latihan otot dan kekuatan. Panahan juga harus mengatur daya tahan dan daya letak untuk kekuatan dan keseimbangan.

Dalam hal Kedokteraan Olahraga Panahan meiliki manfaat Psikologi. Dampa secara langsungya memang tidak ada. Namun olahraga panahan, seseorang dapat bertahan di tengah terik matahari. Melatih ketepatan, dan memiliki kesimbangan. Secara tidak langsung dapat lebih tahan terhadap panas, berkeringat, dan dehidrasi karena dilatih.

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahrga, Michael Triangto, denyut nadi yang cepat dapat mengganggu konsentrasi dalam mengenai sasaran panahan. Denyut nadi tinggi bisa akibat dari dehidrasi, meminum kopi, atau hipertensi.

“Banyak orang sebelum panahan menggunakan dopping atau obat yang dapat menekan denyut jantung. Sebenarnya  ini tidak dianjurkan,” Kata Michael

Olahraga panahan tidak seperti olahraga jogging yang dapat menekan denyut jantung. “Panahan olahraga kompetitif yang dapat membuat orang yang melakukannya lebih tahan, seimbang dan konsentrasi. Dana mempengaruhi psikologis misalnya dapat mengatur emosional,” Tambahnya.

Berikut adalah sepuluh manfaat olahraga panahan, ditinjnau dari berbagai aspek yaitu :

  1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan.
  2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.
  3. Membangun kekuatan tubuh.
  4. Menignkatkan kesabaran.
  5. Meningkatkan focus
  6. Membangun kepercayaan diri
  7. Merupakan olahraga social
  8. Merupakan bentuk latihan kebugaran
  9. Merelaksasi tubuh
  10. Olahraga yang dapat dimainkan semua orang

Olahraga panahan sering dianggap sebagai olahraga statis. Namun atlet pemanah atau pemanah kompetitif benar-benar membutuhkan sejumlah besar kekuatan, ketahanan, dan focus untuk tampil optimal.

Olahraga panahan memerlukan ketenangan dan tidak boleh terburu-buru. Targetnya tidak bergerak. Maka musuh terbesarna adalah diri sendiri sebagai Sang Pemanah.

Menurut berbagai literatur, anak mulai dari usia 9 tahun bisa mencoba olahraga ini Dalam hal ini usia berkenaan dengan psikologi anak. Jika di bawah usia 8 tahun, ada kecenderungan anak susah dikontrol. Jika cara mengontrol emosi telah diajarkan sejak diri, karakter anak bisa terbentuk dengan baik.

Seorang pemanah sejatinya akan mendapatkan beberapa manfaat dalam dirinya, antara lain :

  1. Fokus

Olahraga Panahan melatih seorang untuk mengabaikan semua pengalih perhatian, distraction. Baik itu bersifat visual, suara, bahkan mental. Pemanah berlatih fokus menjaga proses menembak yang dimulai dari sikap tubuh yang benar sampai melepas anak panah. Karena sedikit saja perubahan pada proses tersebut, maka hasil tembakan akan berubah.

Latihan konsektrasi dalam panahan membantu kita agar bisa fokus di luar lapangan panahan. Seperti di sekolah, di tempat kerja, dirumah, dijalan raya, dan tempat lainnya. Selain itu, bila seorang pemanah sering ikut dalam lomba, maka dia melatih dirinya untuk dapat menghadapi situasi penuh tekanan mental. Dan tentu hal ini sangat berguna bagi kehidupan seseorang.

  1. Melatih Konsentrasi

Mengarahkan anak panah ke sasaran adalah cara anda melatih konsentrasi dalam diri. Seorang Pemanah harus bisa menguasai diri dalam membidik dengan tepat. Jika pemanah sudah mahir melatih konsentrasi dalam diri maka manfaat in akan berimbas untuk kehidupan anda sehari-hari. Misal konsentrasi dalam mengambil keputusan atau mengerjakan pekerjaan kantor hingga memperoleh hasil maksimal.

  1. Kekuatan Tubuh

Seorang pemanah dapat memiliki tubuh yang kuat. Terutama pada lengan, initi tubuh, tangan, dada dan pundak. Hal ini diperoleh dengan latihan menarik tali busur secara tepat. Seorang pemanah yang mahir tahu ukuran busur yang tepat untuk dirinya. Dan apabila tubuh semakin kuat, maka mental jiwa juga cenderung ikut menguat juga.

  1. Koordinasi mental dan fisik

Seorang pemanah hanya perlu sepuluh detik untuk menjalankan proses persiapan menembak sampai anak panah menancap di papan target. Untuk bisa melakukan ini semua, seorang pemanah harus berlatih teratur dengan bimbingan instruktur berpengalaman. Koordinasi Mental dan Fisik haruslah bagus.

  1. Melatih Kesabaran

Ini penting, saat Pemanah melakukan olahraga memanah, kesabarannya akan teruji lewat melesatkan anak panah berulang-ulang. Apalagi bagi pemula, olahraga ini memerlukan kesabaran ekstra hingga Sang Pemanah terbiasa dan menjadi mahir.

Kalau sudah demikian, bukan hanya mahir dalam urusan memanah. Dalam kehidupan sehari-hari pun tentu anda akan menjadi pribadi yang lebih bijak dan sabar.

  1. Positive Thining & Percaya Diri

Berpikir positif secara tidak langsung akan terterap dalam diri anda jika anda seorang pemanah. Hal itu dikarenakan saat menahan memerlukan rasa percaya diri tinggi. Untuk dapat menaklukan sasaran anak panah diperlukan Percaya diri. Dengan demikian anda terlatih untuk menjadi pribadi kuat yang tidak mudah menyerah.