Di tengah keramaian kota Jakarta dengan banyaknya kendaraan yang berseliweran dan gedung-degung tinggi bukan berarti kota ini bebas dari cerita angker. Berkembangnya cerita-cerita mistis di Ibukota akan selalu menjadi topik yang terus diperbincangkan di tengahnya kemajuan teknologi.

Beberapa tempat yang konon dianggap angker biasanya kuburan atau enggak gedung-gedung tua yang sekarang bangunannya masih ada. Seperti museum dan hotel. Mungkin sebagian orang melihat museum itu sebagai tempat yang kuno peninggala sejarah, dan hotel sendiri juga dianggap sebagian orang itu hanya sebagai tempat menginap para pengunjung yang ada didalam kota maupun di luar kota. Meskipun sudah ada renovasi dan terlihat lebih bagus, tetapi kesan mistis yang ada didalamnya tetap saja tidak bisa hilang.

Berikut adalah beberapa Museum yang mengandung kisah Mistis dan banyak Misteri.

  1. Museum Fatahillah

Museum yang juga dikenal dengan sebutan Museum Sejarah Jakarta ini merupakan salah satu tempat wisata paling ikonik di kawasan Kota Tua. Museum ini dulunya merupakan kantor pemerintahan kolonial Belanda. Museum ini banyak menyimpan kisah mistis. Bangunannya yang tua dan eksostis menyimpan banyak misteri yang sering diomongin banyak orang, diantaranya suara wanita menangis dan penampakan seperti orang-orang Belanda pada jaman dahulu. Bangunan ini juga pernah menjadi sebuah tempat proses hukuman mati.

Museum Fatahillah juga dilengkapi ruang tahanan bawah tanah dan kita bisa masuk ke dalamnya. Aroma penjara bawah tanah ini sangat lembab dan didalamnya maish ada benda-benda penyiksaan berupa bola-bola besi yang dahulu biasa dipakai dengan tahanan. Tempat ini juga terdapat sebuah lorong rahasia yang menyambung ke wilayah Jatinegara. Bisa dibayangkan kalau ternyata Museum ini punya banyak ruang rahasisa yang menyimpan segudang misteri.

  1. Mueum Keprajuritan Indonesia

 

Salah satu museum di komplek Taman Mini Indonesia Indah adalah museum dengan gaya arsitektur paling keren, bentuknya yang berupa kastil mengingatkan kita dengan gaya bagunan abad pertengahan.

Di dalamnya banyak terdapat patung-patung, diorama yang bercerita tentang kisah heroic para pahlawan Indonesia dalam melawan penjajah. Dari luar, museum ini tampak seperti benteng yang dikelilingi danau. Selain itu banyak koleksi tiruan senjata-senjata, pakaian perang dan lain sebagainya. Boneka peraga yang ada di museum ini terlihat creepy dan bikin merinding karena karena bentuknya yang seperti manusia dan seolah-olah hidup. Buat kalian yang takut sama bonek jangan coba-coba pergi ketempat ini, suasana tempat in iseperti di film Night at The Museum karena memang patuh-patung ini juga buatan lama yang terkesan menyeramkan dan wajahnya yang mirip seperti manusia.

  1. Museum Bahari

Museum ini juga masih berada di kawasan Kota Tua, tepatnya di area Pasar Iklan. Di Sekitar museum ini juga ada objek wisata lain seperti menara Syahbandar dan galangan kapal VOC. Sebenarnya museum ini menceritakan tentang kisah perjalanan kehidupan maritime di Nusantara dengan koleksi perahu-perahu dan gudang-gudang yang dulunya menjadi tempat penyimpanan rempah-rempah VOC.

Dibalik fungsinya yang menceritakan kehidupan pelayaran bangsa kita, rupanya banyak kisah mistis didalamnya. Bangunannya yang tua dan terkesan tidak terawatt dan membuat kita merinding. Banyak laporan warga sekitar tentang penampakan seorang gadis Belanda dan juga suara tangisan perempuan. Tidak Cuma itu, ada rumor tentang penampakan anak kecil yang sedang bermain di atas meriam yang ada di daerah depan museum.

  1. Museum Lubang Buaya

Museum Lubang Buaya yang dikenal juga dengan Monumen Pancasila Sakti adalah museum yang dianggap paling seram bagi masyarakat sekitar. Museum yang letaknya di daerah Pondok Gede ini menceritakan tentang Penculikan para Jendral yang dikenal dengan sebutan Pahlawan Revolusi.

Di museum ini terdapat reka ulang penyiksaan berupa patung-patung yang dalam kondisi penuh darah. Ditempat ini juga terdapat sumur yang dijakan mengubur mayar para Jendral. Dengan banyaknya patung-patung penyiksaan yang sangat menyeramkan membuat kalian agak berat masuk ke tempat ini sendirian. Banyak isu yang berkembang bahwa darah-darah buatan yang ada dipatung terkadang berubah menjadi darah sungguhan, selain itu sering terdengar suara teriakan dan tangisan dari dalam sumur.

  1. Museum Wayang

Museum yang satu ini letaknya berdampingan dengan Museum Fatahilla. Koleksi yang dimiliki museum ini adalah wayang dari seluruh Indonesia dan juga berbagai wayang dari luar negeri. Bangunan yang sekarang jadi museum ini dulunya merupakan Makam Belanda, sampai sekarang masih ada prasasti di dalamnya yang menandakan bahwa dahulu pernah ada sebuah makam.

Para penjaga juga memberi kepastian kalau benar banyak penampakan dan kejadian gaib. Mulai dari wayang yang bisa bergerak sendiri sampai penampakan makhluk astral tanpa kepala yang dipercaya sebagai arwah Jan Pieterzon Coen. Tidak hanya itu, setiap sudut museum ini konon dijaga oleh makhluk-makhluk astral lainnya seperti perempuan berbaju merah yang ada didepan pintu masuk serta gamelan yang diberitakan keramat yang tidak boleh dimainkan oleh pengunjung yang ada.

 

Setelah kita lihat beberapa Museum yang memiliki kisah Mistis dan nyata, berikut adalah beberapa Hotel yang dianggap horor.

  1. Hotel Tugu Malang

Hotel tugu dinobatkan oleh majalah L’Officiel Voyage sebagai salah satu hotel terindah di dunia. Terletak di pusat kota Malang, hotel tugu menyuguhkan interior Cina dipadu dengan Jawa. Harga hotel bintang lima ini berkisar dari Rp. 1,300,000 per malam.

Yang menarik dari hotel Tugu adalah foto seorang wanita yang berambut panjang berdiri membelakangi cermin yang dipajan gdi Oei Hui Lain, putri dari Oei Tiong Ham, pria terkaya di Asia Tenggah di abad ke-19. Banyak yang merasa foto tersebut memberikan aura menyeramkan dan mengaku mereka didatangi oleh wanita di foto di dalam mimpi. Selain itu, banyak foto-foto lain yang memberikan hawa mistis. Ada pula mengatakan bahwa lantai 2 Hotel Tugu terasa berat dan sesak.

  1. Inna Samudar Beach

Hotel Inna Samudra Beach adalah hotel terbesar di Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Letaknya persis di Pantai Pelabuhan Ratu. Pengunjung hotel bisa menikmati pemandangan lautan dari kolam renang hotel.

Cerita hotel Inna Samudra Beach tentunya sudah sering muncul di media massa. Kamar 308 yang legendaris adlaah kamar yang disediakan khusus untuk Nyi Roro Kidul. Foto dewi Lautan Samudra Hindia itu pun menghiasi kamar 308 lengkap dengan sesajen. Seluruh kamar 308 didekor dengan warna hijau dari dinding, karpet, bantal, kasur dan petenak-pernik lainnya. Tidak sedikitnya yang berkunjung ke kamar tersebut karena rasa penasaran. Pengunjung cukup membayar Rp. 35.000 kepada penglola hotel untuk masuk ke kamar tersebut.

  1. Hotel Indonesia

Selain menjadi ikot hotel ibukota  dan hotel mewah pertama di Indonesia, Hotel Indonesia ternyata tidak luput dari hal mistis. Kabarnya, lantai 4 Hotel Indonesia adalah sarang makhluk halus. Kisah wanita berparas cantik dengan gaun putih adalah kisah penampakan yang paling terkenal dan paling sering dialami oleh pengunjung Hotel Indonesia. Kabarnya, makhluk halus itu sering menampakkan dirinya di lorong hotel dan lift.

Meskipun terkenal angker, Hotel Indonesia tidak pernah sepi pengunjung. 50% kamar di Hotel Indonesia selalu terisi di hari biasa. Hotel Indonesia selalu terisi penuh di hari liburan. Terletak di kawan pusat, seberang bundaran HI dan akses ke dua mal besar di Jakarta tentunya menjadi surge bagi yang hobi berbelanja.

  1. Grand Aquila Hotel

Grand Aquila Hotel merupakan salah satu hotel mewah di Bandung. Hotel yang terkenal akan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan juga sering dikenal kisah mistisnya. Bahkan, makhluk halus di hotel ini terkenal berani. Dari ketukan pintu di tengah malam, keran air terbuka sendiri sampai suara aneh di jendela, kejadian-kejadian aneh yang dialami pengunjung sangat beragam. Kabarnya, makhluk halus di Hotel Grand Aquila sering melintas melewati lorong hotel.

Terlepas dari itu, hotel yang tetap menarik bagi pengunjung yang ingin menikmati kemewahan hotel. Interior lobi yang megah dengan tangga melingkar bisa menjadi latar belakang foto yang bagus.

  1. Hotel Serena

Hotel berbintang empat ini terletak di Pasirkaliki. Harga hotel yang terjangkau menjadikan hotel ini cukup popular bagi pengunjung yang hobi berbelanja. Cerita mistis hotel ini muncul ketika beberapa pengunjung mengalami penampakan makhluk halus berdaster yang melayang di hotel. Beberapa sering mendengar suara-suara aneh seperti langkah kaki. Bahkan Hotel Serena pernah dijadikan lokasi uji nyali yang sukses membuat pesertanya mundur.