Menggunakan helm saat berkendara sepeda motor adalah cara yang aman dalam mengendarai sepeda motor di jalan raya. Selain itu menggunakan helm merupakan salah satu peraturan dalam perundang-undangan suatu negara. Berkendara dijalan raya sudah pasti banyak yang akan terjadi yang tidak bisa kita prediksi. Salah satunya keamanan fisik dalam berkendara apabila terjadi kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan.

Menghindari kecelakaan adalah salah satu cara yang aman yang bisa dilakuakan setiap orang yang berkendara di jalan umum. Mengantisipasi hal yang tidak diingkan sangat baik dalam berkendara atau pun dalam hal apa pun. Sebagian orang banyak yang masih malas menggunakan helm saat berkendara berbagai alasan yang mereka sampaikan saat ingin menggunakan helm. Padahal helm itu hal sangat penting bagi keselamatan dan peraturan berlalu lintas. Peraturan berlalu lintas juga patut dipatuhi karena itu merupakan kewajiban warga setiap negara.

Keselamatan juga diutamakan dalam berkendara. Saat berkendara kita tidak tahu dikecepatan apa kita saat berkendara. Medan yang kita lewati pada sehat berkendara kita juga tidak tahu seperti apa. Mungkin pada saat kita berkendara kita selamat dari bahaya maupun maut. Tapi kita tidak tahu keesokan hari nya seperti apa yang akan kita hadapi. Menghindari kecelakaan kepala adalah hal yang baik. Bayangkan jika kepala kita tidak kita lindungi mungkin saat kita akan menghadapi luka yang serius dikepala.

Jika kita menggunakan helm kita juga harus menggunakan helm yang merupakan SNI (Standar Nasional Indonesia) karena lisensi itu langsung dari lisensi pemerintah, bahwasannya helm itu sudah layak dipakai dan terjamin keselamatannya. Helm juga menghindari kita dari debu dijalan raya. Bayangkan berapa banyak debu yang bertaburan yang mengganggu konsentrasi kita saat berkendara. Selain itu juga mengganggu kesehatan kita karna debu masuk langsung ke tenggorokan yang akan menjadi sesah di daerah dada.

Helm juga menjaga pandangan mata kita saat berkendara. Kenyamanan penglihatan mata adalah hal yang sangat penting dalam berkendara. Jika debu sudah masuk kedalam mata, maka mata akan terasa perih, gatal, dan memerah.