Bulan Ramadhan, bulan yang paling berkah dan istimewa dalam setahun akan tiba sebentar lagi. Bulan penuh ampunan ini tentu sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia.

Meski Ramadhan datang setiap tahun, namun nuansanya tidak sealu sama. Bisa jadi menjelang ramadhan kali ini anda justru sedang dilanda banyak masalah sehingga hatimu merasa tidak tenang.

Manusia merupakan makhluk yang rapuh dan bisa dirundung kegelisahan kapan saja. Namun hal itu tentu tidak boleh berlarut-larut dan dibiarkan begitu saja.

Nah, apabila sekarang ini anda merasakan hal tersebut. Maka cobalah untuk mengamalkan doa dan amalan agar hati tenang dan tidak gelisah. Niscaya atas izin Allah hati akan menjadi lebih tenang, tentram, damai serta tidak gelisah.

Berikut ialah doa dan amalannya:

  1. Doa Nabi Yunus AS, Surat Al-Anbiya:87

“La ilaha illa anta. Subhanaka, inni kuntu minazzhalimin”

(Tidak ada Tuhan yang sebenarnya disembah melainkan engkau, ya Allah. Maha Suci engkau, sesungguhnya aku adalah dari orang yang membuat zalim).

Doa ini adalah doa yang kerap diamalkan oleh Nabi Yunus AS, yang jika diamalkan insyaallah akan melepaskanmu dari kesusahan dan rasa gelisah.

  1. Dikenal sebagai doa tolak bala, termasuk mengusir stresmu

“Allahumma inni a’uzubika min jahdil bala’i wa darkisy syaqa’i wa su’il qada’i wa syamatatil a’da’i”

(Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kengerian bala, menemui kesengsaraan, qada yang buruk, dan merasa senangnya musuh).

Stres termasuk dalam kategori musibah dan kesengsaraan, dalam doa yang berasal dari Hadist ini terkandung harapan kamu akan terlindung dari setiap musibah, termasuk hal-hal yang membuatmu stres.

  1. Doa memohon pertolongan yang diajarkan Rasulullah pada Fatimah

“Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits”

(Wahai Dzat Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri dengan sendiri-Nya, dengan rahmat-Mu aku mohon pertolongan)”

Doa ini berasal dari Hadist Tirmidzi, yang di dalamnya terdapat dua nama Allah disebutkan. Rasulullah mengajarkan doa ini pada anaknya, Fatimah.

  1. Agar diberi kemudahan, doa ini harus rutin kamu amalkan

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

(Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah).

Doa dari Hadist Shahih yang diriwayatkan Anas bin Malik ini akan memudahkan segala urusan yang sedang membuat kamu stres. Berdoalah dengan khusyuk setelah berusaha dengan maksimal.

  1. Untuk kamu stres karena hutang, bisa membaca doa ini

“Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzubika minal jubni wal bukhli wa a’udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali.”

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia).

Memiliki hutang memang membuat kita tak bisa lepas dari stres yang berkepanjangan. Kamu bisa mulai mengamalkan doa ini agar hutangmu bisa terbayar dan tak lagi menjeratmu.

Selain doa di atas, kita juga dianjurkan melakukan beberapa hal lain untuk membuat hati tenang. Seperti melakukan shalat tahajud, memperbanyak istigfar, membaca surat Yasin atau mengambil air wudhu. Sekain info kali ini, semoga bisa bermanfaat.