Bulan Ramadan adalah momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Tentunya bagi mereka yang tinggal bersama dalam satu rumah dengan keluarganya, tidak merasa terbeban untuk menjalankan aktivitas puasa. Terutama saat makan sahur, tidak kuatir karena tidak bisa bangun karena toh ada yang membangunkan, makanan sudah tersedia dan tinggal menyantapnya, bisa sembari nonton tv dan sebagainya.

Lain halnya dengan kehidupan anak kost, menyiapkan makan sahur menjadi hal yang cukup berat. Belum lagi kalau kesiangan, malas pergi ke warung karena ngantuk, apalagi nggak jago masak. Duh, pe-er banget, bukan?. Nah redaksi Lagingetop.com punya solusinya.

  1. Lauk pakai abon itu nggak cuma tahan buat disimpan, tapi kamu juga bisa pengiritan

Nah, ini dia menu praktis pertama yang cocok untuk disantap dengan nasi panas. Abon merupakan makanan yang nggak gampang basi, kamu cukup menyimpannya di wadah yang tertutup. Kamu tidak perlu repot karena tinggal menyiapkan nasi dan membubuhkan abon untuk disantap saat makan sahur. Saat ini sudah tersedia pilihan varian abon yang beragam mulai dari abon daging sapi, daging ayam, tuna, lele, hingga udang.

  1. Sarden pun wajib jadi pilihan utama. Kandungan gizi dan praktisnya? Jangan ditanya

Sarden menjadi menu pilihan untuk makan sahur karena selain praktis sarden juga mengandung protein tinggi. Cara menyajikannya juga mudah, cukup dipanaskan dan tidak perlu ditambah bumbu lain. Supaya tidak monoton, campurkan daun bawang atau sedikit sayuran ke dalam sarden untuk asupan serat.

  1. Tinggal goreng atau langsung ‘hap’, sosis dan nugget bisa jadi menu sahur paling sehat

Ketika berbelanja, jangan lupa membeli sosias atau nugget untuk stok bahan makanan kamu. Cara mengolahnya cukup praktis, tinggal menggorengnya ke dalam minyak panas hingga kering kecoklatan. Sosis atau nugget siap disantap dengan nasi hangat plus saus sambal.

  1. Telur goreng dan nasi, adalah perpaduan menu sahur yang paling serasi

Kamu bisa menyediakan stok telur mentah untuk kamu olah menjadi telur ceplok, telur dadar atau telur orak-arik. Masakan telur merupakan olahan yang praktis karena hampir semua orang bisa membuatnya. Telur juga mengandung protein yang dibutuhkan tubuh kamu, lho!

  1. Kurang sehat sih, tapi nggak apa-apa deh makan mie instan. Keburu imsyak, cyiiin.

Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran mie instan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak kost. Cukup direbus, maka semangkuk mie instan panas siap disantap. Jangan lupatambahkan sawi atau telur supaya lebih bergizi. Eits, tapi jangan kebanyakan makan mie instan, ya! Karena tidak baik untuk kesehatan.