Melahirkan merupakan proses alami yang dialami setiap mamalia termasuk manusia. Namun seringkali melahirkan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi ibu hamil.

Rasa sakit yang luar biasa, kematian ibu, kematian bayi dan banyak hal mengerikan lain yang terlintas di pikiran ketika membayangkan proses persalinan.

Padahal ibu hamil memiliki pilihan untuk menghadapi persalinan yang nyaman, tenang dan penuh cinta. Bagaimana caranya?

Dilansir dari Bidan Kita, ada beberapa hal yang bisa diupayakan agar melahirkan bukan menjadi hal yang menakutkan melainkan menyenangkan.

Hypnobirthing

Hal ini sangat penting dalam menghadapi persalinan. Sehingga mindset seorang calon ibu berubah mengenai melahirkan.

Terus hipnotis diri anda bahwa melahirkan itu adalah normal, percaya bahwa tubuh seorang wanita itu memang didesain untuk melahirkan keturunan. Percaya kekuatan tubuh sendiri, dan menjauhkan ketakutan-ketakutan yang tidak perlu termasuk perkataan orang mengenai mengerikannya melahirkan.

Hypnobirthing ini juga berguna membangun mental agar ibu yang akan melahirkan tidak terlalu cemas, bahkan gembira saat melahirkan.

Latihan Fisik

Latihan fisik memang harus dilakukan calon ibu agar persalinannya lancar. Dari zaman dahulu kala ibu yang hamil tua dianjurkan untuk banyak jongkok seperti menyuci dan mengepel untuk melatih otot panggul, serviks dan lainnya agar lebih mudah melahirkan.

Zaman menjadi lebih modern, kini banyak gerakan senam hamil yang bisa diterapkan untuk mempermudah proses persalinan. Di antaranya yoga dan gerakan dengan bantuan birthing ball.

Latihan fisik ini juga melatih nafas yang juga merupakan bagian paling penting saat persalinan. Berhasilnya persalinan juga ditentukan dengan nafas ibu. Semakin baik ibu menguasai nafas, maka persalinan akan semakin lan

Medical Confidence

Rutin memeriksakan kesehatan kandungan merupakan hal penting yang harus dilakukan ibu hamil. Selain memantau kesehatan janin, riwayat kesehatan kandungan juga akan menimbulkan kepercayaan diri untuk dapat melahirkan dengan lancar jaya dan bahagia.

Tentu saja kesehatan dijaga dengan pola hidup sehat mulai dari makanan hingga kebiasaan si ibu agar proses persalinannya nanti mudah.

Kemudian penting bagi ibu hamil mencari provider yang pro normal dan tidak hobi menakut-nakuti pasien dengan sederet statemen negatif. Selalu ada second choice untuk ibu hamil sebelum memutuskan untuk menyerah pada operasi.

Dengan demikian si ibu akan semakin percaya diri dan lebih siap menghadapi persalinan.

Jangan Pikirkan Kegagalan Orang

Kegagalan yang dialami orang lain saat persalinan memang bisa menjadi pelajaran. Namun jangan terlalu dipikirkan karena akan menimbulkan rasa takut dan kengerian saat persalinan. Padahal, tubuh tiap wanita itu berbeda tentu saja kinerjanya berbeda. Percaya pada kekuatan tubuhmu dan janinmu.

Jangan Takut Jangan Panik

Ketakutan hanya akan memperburuk suasana. Percaya atau tidak, perasaan takut akan menimbulkan rasa sakit yang lebih.

Faktanya, ketika rasa takut datang, hormon yang keluar adalah adrenalin yang juga akan meningkatkan rasa sakit pada tubuh Anda.

Sedangkan yang anda perlukan saat persalinan adalah hormon oksitosin atau hormon cinta yang akan merangsang kontraksi.

Saat kontraksi atau gelombang cinta datang, tersenyumlah. Nikmati sensasinya sambil komunikasi dengan bayi Anda, mintalah ia bekerjasama agar proses persalinannya cepat dan lancar.

Jangan pikirkan sakitnya, pikirkan Anda akan segera bertemu buah hati Anda yanh selama 9 bulan mendiami tubuh Anda.