Kebanyakan orang mendengkur saat tidur, kebiasaan ini dapat mengganggu proses tidur pasangan anda. Dengkur ialah getara yang dihasilkan oleh aliran udara pernapasan yang tersumbat sebagian. Suara yang dihasilkan dari getaran ini dapat terdengar halus atau keras yang mengganggu. Mendengkur sering dialamai oleh orang dewasa.

Suara dengkur yang besar dihasilkan akibat terhambatnya udara yang melewati struktur saluran pernapasan ketika tidur. Namun secara umum, dengkur terjadi ketika jaringa lunak di langit-langit mulut (soft palate), anak tekak (uvula), dan tenggorokan menjadi rileks pada saat kita memasuki tidur yang lebih dalam setelah tidur sekitar 90 menit. Bagian lain yang juga mengalami getaran adalah saluran hidung, dasar lidah, dan tonsil. Otot dan jaringan yang berada di dalam kondisi rileks inilah yang menyebabkan terganggu atau terhalangnya aliran udara yang lewat sehingga terjadilah getaran atau dengkur. Terdapat beberapa faktor yang berdampak kepada terganggunya aliran udara penyebab dengkur, yaitu :

  • Kurang Tidur
  • Posisi tidur telentang menyebabkan tenggorokan menyempit dan lidah turun ke bawah sehingga menghalangi aliran udara.
  • Anatomi mulut, misalnya memiliki langit-langit yang terlalu rendah, posisi rahang yang salah akibat otot yang tegang, dan tenggorokan yang menutup ketika tidur.
  • Gangguan pada hidung, misalnya penyumbatan yang parah atau sekat lubang hidung yang bengkok.
  • Saluran udara yang tersumbat sebagian, misalnya akibat pilek atau alergi yang menyebabkan tonsil membesar.
  • Konsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan yang membuat otot tenggorokan menjadi rileks.
  • Kelebihan berat badan (obsesitas) yang menyebabkan banyak jaringan lemak di sekitar tenggorokan.
  • Apnea tidur obstruksi, yaitu ketika jaringan yang ada ditenggorokan menghalangi sebagian atau seluruh aliran udara sehingga mengganggu pernapasan.
  • Pria lebih sering mengalami dengkur dibandingkan wanita.
  • Memiliki anggota keluarga yang mendengkur atau mengidap apnema tidur obstruksi.

Dengkur sendiri dapat diubah, terutama perubahan gaya hidup salah satu rekomendasi menghilangka dengkur saat tidur. Anda bisa melakukan nya dengan cara menurunkan berat badan dengan cara olahraga dan menjadi waktu tidur yang cukup. Jika anda suka mengkonsumsi alkohol lebih baik mulai sekrang menghilangkan hal tersebut, terutama menjelang waktu tidur malam, dan memberi pengobatan untuk penyumbatan hidung serta menyarankan untuk tidak tidur telentang.

Ada beberapa langkah yang disesuaikan dengan penderita dengkur, yaitu :

  • Pengguna mesin CPA (continuous positive airway pressure) dengan cara meletakkan sebuah masker bertekanan yang terhubung kepada pompa udara kecil diatas hidung ketika penderita tidur. Alat ini akan menjaga selalu pernapasan tetap terbuka.
  • Penggunaan alat yang dibuat khusus agar sesuai dengan mulut penderita untuk menjaga posisi rahang, lidah, dan langit-langit mulut tetap terbuka. Pemasangan alat ini akan membutuhkan kunjungan rutin ke dokter spesialis gigi untuk memastikan kondisi terus terpantau hingga membaik. Efek samping dari alat ini adalah meningkatnya ludah, mulut kering, dan sakit rahang.
  • Prosedur operasi tradisional bernama uvulopatofaringoplasti (UPPP). Prosedur pengencangan dan pembuangan jaringan berlebih dari tenggorokan untuk melebarkan aliran udara dan mengurangi dengkur. Risiko efek samping dan prosedur ini meliputi infeksi, perdarahan, sakit dan penyumbatan di hidung.
  • Bedah laser atau LUPPP, yaitu menggunakan bantuan sinar laser untuk melakukan prosedur UPPP pada penderita dengkur. Prosedur ini dapat dilakukan berkali-kali untuk mengendalikan dengkur.
  • Somnoplasti atau ablasi jaringan dengan menggunakan frekuensi radio untuk mengecilkan jaringan pada langit-langit mulut dan mengurangi dengkur.
  • Prosedur pemasangan langit-langti rongga mulut buatan yang terbuat dari polyester lunak ke dalam jaringan langit-langit mulut untuk membuatnya lebih kaku dan mengurangi dengkur. Diskusikan dengan dokter sebelum menjalani prosedur ini karena tingkat keamanannya masih dalam penelitian.

Dengan beberapa langkah itu dapat membantu anda dalam menghilangkan kebiasan buruk anda yaitu mendengkur, karena saat anda tidur dengan pasangan atau teman itu akan sangat mengganggu tidur mereka. Ubahlah kebiasan itu mulai dari gaya hidup anda.